Prosedur standard untuk datang ke Tiongkok sebagai pelajar adalah dengan mengapply Visa X di Indonesia. Waktu validasi untuk masuk adalah 3 bulan. Dalam kurun waktu 30 hari setelah masuk ke Tiongkok, Visa X akan kadarluarsa.

Dalam kurun waktu 30 hari tersebut kalian harus mengurus hal-hal yang dibutuhkan untuk mengubah visa X ini menjadi residence permit. Hal – hal yang dibutuhkan untuk mengubah Visa X menjadi residence permit adalah:

  • Medical Check up report yang sudah dilegalisir di departemant kesehatan kota masing – masing (termasuk rontgen dada)
  • Surat pengantar dari sekolah
  • Surat keterangan penduduk sementara dari polisi terdekat daerah kamu tinggal
  • Fotokopi paspor
  • Pasphoto

* Ini hanya syarat standard , tiap – tiap kota maupun sekolah dimungkinkan memiliki ketentuan yang berbeda – beda.

visa-2

Setelah Kamu apply residence permit , passport kamu akan ditahan selama kurang lebih 3 minggu. Sebagai ganti nya kamu diberikan selembar kertas bukti , biasa digunakan sebagai paspor sementara. Oleh karena itu , jaga baik-baik kertasnya dan atur jadwal travel kamu dengan benar , karena tiket pesawat tidak menerima kertas tersebut sebagai identitas diri.

Tips:
Setiap awal semester baru , kantor visa akan ramai dipenuhi oleh murid-murid yang menyebabkan kamu menunggu berjam-jam disana , untuk itu kamu bisa membuat jadwal di wechat dengan Hangzhou Police Official Wechat Account untuk proses yang lebih cepat.